PT Puradelta Lestari sebagai pengembang kawasan Kota Deltamas Cikarang dan Greenland International Industrial Center (GIIC) menggunakan motor listrik sebagai kendaraan operasional perusahaan.

Langkah ini dilakukan untuk mendukung target Net Zero Emission Pemerintah Indonesia pada 2060.

Kota Deltamas menggunakan 10 unit motor listrik Honda PCX Electric yang pengadaannya bekerja sama dengan PT HPP Energy Indonesia (HEIN) yang merupakan konsorsium Honda dan Panasonic.

Pengadaan motor listrik ini dilakukan dalam skema sewa melalui PT Takari Kokoh Sejahtera (Mitsubishi HC Capital Group).

“Penggunaan motor listrik ini merupakan inisiatif Kota Deltamas Cikarang dalam menekan emisi karbon serta menjadi bagian dari energy transition yang sedang diupayakan perusahaan.

Kendaraan listrik tersebut akan digunakan di lingkungan kerja Kota Deltamas, terutama untuk area industri GIIC,” kata Presiden Direktur PT Puradelta Lestari Hongky J.

Nantung dalam siaran pers yang diterima Tempo hari ini, Rabu, 24 Agustus 2022.

Penggunaan Honda PCX Electric yang sepenuhnya menggunakan energi listrik ini diharapkan bisa berkontribusi signifikan dalam pengurangan karbon dioksida di kawasan industri tersebut.

“Kendaraan listrik sendiri sudah menjadi bagian dari ekosistem GIIC karena beberapa produsen kendaraan memproduksi kendaraan listriknya di sini,” ucap Wakil Presiden Direktur PT Puradelta Lestari Shinji Yoneda.

Tidak hanya penggunaan kendaraan listrik, Kota Deltamas dan GIIC saat ini juga dilengkapi dengan fasilitas pengolahan limbah industri dan pengolahan air bersih dari Water Treatment Plant.

Kemudian kawasan industri ini sudah menggunakan sumber daya listrik dari panel surya dan turut melakukan pengadaan area hijau dan pemilihan material yang ramah lingkungan.

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto