Cara Mengatasi Mata Kering Bagi Pengguna Lensa Kontak

Sebenarnya mata kering bisa dialami siapa saja, begitu juga bagi pengguna lensa kontak. Jika mata terasa sepet, perih, pegel artinya mata perlu beristirahat, jika perlu lepaskan lensa kontak. Bagi Anda yang mengalami mata kering dan sedang menggunakan lensa kontak setiap hari, sebaiknya menggunakan Insto Dry Eyes dan mengikuti cara mengatasinya seperti dibawah ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Kering Bagi Pengguna Lensa Kontak?

Pengalaman Pribadi Mengenai Mata Kering

Buat saya lensa kontak merupakan solusi saat bosan menggunakan kacamata. Harganya juga lebih terjangkau jika dibandingkan membeli kacamata baru. Namun disamping banyak kelebihannya, juga ada kekurangannya seperti, jangka waktu pemakaiannya lebih pendek, mudah rusak serta robek, cara merawatnya lebih ribet, juga bisa menyebabkan mata kering.

Pastikan tangan bersih saat menggunakan lensa kontak

Sebelum menyentuh lensa kontak, tangan harus benar-benar dalam kondisi steril. Cuci tangan dengan sabun kemudian bilas sampai bersih. Dan keringkan.

Lepaskan lensa kontak sebelum tidur

Lepaskan lensa kontak sebelum tidur sebab salah satu kebiasaan buruk ini bisa berakibat fatal. Bisa merusak produksi air mata alami yang seharusnya melumasi semua bagian mata. Maka, mata kering akan semakin parah.

Bukan hanya itu, sering lupa melepas lensa kontak saat akan tidur bisa membahayakan kornea mata yang merupakan lapisan pelindung paling luar. Alasannya, karena jumlah oksigen yang masuk pada mata selama tidur tidak sebanyak dibanding ketika mata terbuka.

Gunakan lensa kontak sekali pakai

Ada dua jenis lensa kontak yang umum beredar di pasaran, yakni lensa kontak yang bisa digunakan selama beberapa bulan dan lensa kontak sekali pakai. Nah, untuk mata kering dianjurkan tidak menggunakan lensa kontak dalam waktu lama.

Sebaiknya pilih lensa kontak sekali pakai. Sebab, lensa kontak yang sudah digunakan dalam waktu lama terdapat banyak kotoran yang menumpuk di dalamnya, maka menyulitkan air mata untuk menyebar secara merata ke seluruh area mata.

Bersihkan wadah penyimpan lensa kontak setiap kali dipakai

Sesudah lensa kontak digunakan, wadah harus dibilas menggunakan larutan atau cairan pembersih lensa kontak. Lalu lap hingga kering. Langkah ini dapat memperkecil kemungkinan timbulnya peradangan dan infeksi penyebab masalah pada mata.

Hindari menggunakan lensa kontak terlalu lama

Biasanya saya hanya menggunakan lensa kontak paling lama 8 sampai 9 jam. Begitu terasa gejala mata kering, mata perih, mata sepet, dan mata pegel saya segera lepaskan lensa kontak. Disarankan untuk beri ruang untuk mata supaya bisa bernapas lega selama beberapa jam sehari. Setidaknya atur waktu, dimana mata lepas dari lensa kontak dalam sehari.

Pakai tetes mata

Kadar air mata yang tidak mencukupi pada penderita mata kering bukan hanya menciptakan rasa tak nyaman, namun juga akan meningkatkan resiko infeksi. Oleh sebab itu, tetes mata adalah salah satu benda yang wajib dibawa kemana saja untuk pengguna lensa kontak.

Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering

Siapa yang tidak kenal tetes mata Insto, merek tetes mata yang sudah ada sejak lama. Kini ada varian Insto Dry Eyes yang ditujukan untuk mengatasi gejala mata kering, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Umumnya mata kering sering dialami oleh penderita rheumatoid arthritis, kerato-conjunctivitis dan xerophthalamia.

#InstoDryEyes #SolusiMataKering mengandung bahan aktif yang bisa mengatasi kekeringan pada mata dan bisa digunakan sebagai pelumas. Bisa jadi solusi praktis bagi pengguna lensa kontak ataupun Anda yang sering mengalami mata kering.